Contoh Media Pembelajaran IPA Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Contoh Media Pembelajaran IPA – media termasuk alat bantu untuk guru ketika sedang melaksanakan pembelajaran yang bisa berfungsi untuk sarana ketika menyampaikan pesan guru untuk siswa. Bila digunakan dengan benar, maka media pembelajaran bisa memperlancar interkasi antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa, bahkan juga siswa dengan sumber belajar. Sarana yang digunakan pada proses pembelajaran memang banyak ragamnya. Pada umumnya media pembelajaran yang ada pada SMP terdiri atas media audio, visual, dan juga audio-visual.

Contoh Media Pembelajaran IPA dengan media audio termasuk sebuah media pembelajaran yang bisa didengar, diantaranya radio ataupun alat musik. Sedangkan media visual merupakan sarana pembelajaran yang bisa dilihat, seperti gambar, grafik, model, maupun slide. Namun untuk media audio-visual termasuk media pembelajaran yang bisa didengar sekaligus bisa dilihat seperti video, simulasi computer, dengan film. Sesuai dengan bentuk penyajiannya, alat bantu pembelajaran bisa juga dikelompokkan menjadi sarana pembelajaran non-projected yang merupakan media pembelajaran secara langsung bisa digunakan tanpa harus menggunakan alat proyeksi misalnya gambar, charta, foto, maupun peta, dengan media pembelajaran projected yakni media pembelajaran yang membutuhkan alat proyeksi misalnya film, slide, ataupun power point.

Selain itu media pembelajaran bisa bersifat alami dengan buatan. Untuk media pembelajaran alami termasuk media pembelajaran yang cocok dengan benda aslinya pada alam diantaranya adalah hewan, tumbuhan, danau, maupun gunung. Sedangkan untuk media pembelajaran buatan termasuk media pembelajaran hasil dari modifikasi ataupun meniru benda aslinya, misalnya model alat pernafasan, torso, dan model jantung manusia. Media-media tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari guru atau sekolah.

Sedangkan media pembelajaran bisa mempunyai nilai praktis, diantaranya :

  • bisa menampilkan objek terlalu besar, dan tidak mungkin bisa dibawa kedalam kelas, misalnya bulan, bumi maupun matahari.
  • bisa memperlambat gerakan yang sangat cepat seperti pada gerakan kecambah yang telah tumbuh.
  • bisa memungkinkan untuk menampilkan sebuah objek yang langka atau yang sulit diamati ataupun yang berbahaya dalam lingkungan belajar. Sehingga, pertimbangan kelayakan yang bisa dipakai guru IPA dalam memilih sarana pembelajaran yang terbaik antara lain adalah ;
  • memenuhi kelayakan praktis atau (keakraban guru terhadap jenis media pembelajaran) seperti ketersediaan media pembelajaran dalam lingkungan belajar setempat, tersedianya waktu dalam mempersiapkan media, tersedianya sarana maupun fasilitas pendukung sekaligus keluwesan, berarti mudah dibawa kemana-mana, dan digunakan kapan saja oleh siapa pun.
  • memenuhi kelayakan teknis atau (relevan dengan tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai sekaligus merangsang terjadinya pembelajaran),
  • memenuhi kelayakan biaya atau (biaya yang dikeluarkan tersebut seimbang pada manfaat yang akan diperoleh). Contoh Media Pembelajaran IPA tersebut bisa anda gunakan untuk memilih media yang tepat.
gambar media pembelajaran IPA SMP

Selanjutnya bagi bapak dan ibu yang membutuhkan, berikut beberapa contoh media pembelajaran IPA yang bisa di unduh melalui link dibawah sesuai materi pelajaran

Demikianlah sekian dan terima kasih, selanjutnya unduh juga contoh media pembelajaran matematika SD, SMP, SMA lengkap.

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran IPA Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.